Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM)

PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM)

Salam dan bahagia pembaca. Sahabat GTK BELAJAR , pada kesempatan kali ini Admin ingin membagikan informasi tentang PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM).  

PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM). PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM) adalah informasi penting dalam aktivitas tugas PPG Dalam Jabatan Tahun 2022. Namun, Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM) ini bukanlah satu-satunya jawaban yang terbaik. Sebab, setiap mahasiswa dapat menyusun jawaban sesuai dengan kapasistas dan kemampuannya.

Terdapat beberapa sahabat yang mungkin bertanya terkait kategori atau tag ppg 2022, sebagai berikut:

lk ppg daljab 2022 pgsd

lk ppg daljab 2022 contoh

lk ppg daljab 2022 cara mengisi

lk ppg daljab 2022 download

lk ppg daljab 2022 Indonesia

lk ppg daljab 2022 jawaban

lk ppg daljab 2022 login

Pertanyaan Tugas LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM) PPG Dalam Jabatan 2022

Adapun Pertanyaan dan Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM) adalah sebagai berikut.

  1. Menurut Bapak, bagaimana mencernati model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT)
  2. Bagaimanakah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT tersebut dalam kegiatan pembelajaran?
  3. Dalam pembelajaran juga dikenal metode Index Card Match, apa pendapat bapak tentang metode tersebut? 
  4. Bagaimana menerapkan dalam proses pembelajaran?

Jawaban Tugas LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM)PPG Dalam Jabatan 2022

1. Model pembelajadan NHT merupakan model pembelajaran kelompok. Anggotanya heterogen. Kelompok kecil ini dibentuk untuk bisa belajar kolaboratif. Namanya heterogen, bisa dikumpulkan siswa yang memiliki keberbedaan prestasi, kecakapan, jenis kelamin dll.

2. Sebagaimana yang banyak dijelaskan secara teoretis bahwa model NHT diterapkan sesuai dengan sintak atau langkah-langkah pembelajaran, yaitu.

  • Siswa dibagi dalam kelompok kecil, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor. Setiap kelompok memiliki nomor berbeda.
  • Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya dan mendiskusikannya.
  • Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat memahami juga, mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
  • Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka. Presentasi kelompok.
  • Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain. Yaitu kelompok yang berbeda.
  • Kesimpulan. Guru menyampaikan hasil kerja dan presentasi siswa dengan menyimpulkan.

3. Sebenarnya Metode  pembelajaran aktif tipe index card match (ICM) meruoakan metode atau cara belajar siswa yang dikembangkan untuk menjadikan siswa aktif mempertanyakan gagasan diri sendiri atau gagasan orang lain. Salah satu caranya adalah dengan cara mengulangi materi pembelajaran yang telah diberikan sebelumnya. Apakah teknik pembelajaran sebelumnya, yaitu melalui teknik mencari pasangan kartu yang merupakan soal atau jawaban. Sekilas sama dengan memasangkan soal dan jawaban.

4. Untuk menerapkan dalam pembelajaran, juga disesuaikan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Guru membuat potongan kertas sebanyak jumlah siswa yang ada di dalam kelas dan bagilah kertas-kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama. 
  • Pada separuh bagian kertas, tulis pertanyaan tentang materi yang akan dibelajarkan. Setiap satu kertas berisi satu pertanyaan.
  • Pada separuh kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat. 
  • Setiap siswa diberi satu kertas. Guru harus menjelaskan bahwa ini adalah kehiayan yang dilakukan yang dilakukan berpasangan. Separuh siswa akan mendapatkan soal. Dan separuh yang lain akan mendapatkan jawaban. 
  • Mintalah kepada siswa untuk segera menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan teman pasangan, mintalah kepada untuk duduk berdekatan. 
  • Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah kepada setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh.
  • Lakukan kesimpulan terhadap kegiatan yang dilakukan.

Terima kasih sudah berkunjung ke Web GTK BELAJARApabila artikel ini bermanfaat PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM), silahkan Klik LIKE dan SHARE kepada teman-teman yang lain. 


Posting Komentar untuk "PPG Dalam Jabatan 2022: Jawaban Analisis LK Model Pembelajaran Efektif dan Inovatif (NHT dan ICM)"