Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Digital Marketing Itu Apa: Ketahui tentang Pemasaran Digital

Digital Marketing Itu Apa: Ketahui tentang Pemasaran Digital


Digital Marketing Itu Apa - Dunia bisnis lambat laun terjadi perubahan besar dalam hal tata cara memasarkan produk atau jasa.

Dengan perkembangan teknologi, masyarakat lebih sering mengandalkan internet dalam hal bisnis, termasuk melakukan transaksi pembelian produk atau hanya sekedar mencari informasi tentang produk tersebut.

Lantas, hal tersebut semakin membuat digital marketing kian dirasa penting bagi pelaku bisnis agar dapat bersaing dengan kompetitor di era digital ini.

Berkat adanya digital marketing, Anda sebagai pelaku usaha kiranya dapat memasarkan produk secara efektif dan tepat sasaran, serta menjangkau target pasar yang lebih luas.

Selain itu, Anda yang memiliki usaha secara online dengan mudahnya melakukan analisa data yang lebih rinci, berkat bantuan tools-tools yang tersedia.

Supaya bisnis bisa dilakukan analisa secara detail, Anda cendrung memahami perilaku konsumen lewat kebutuhan serta minat mereka. Cara ini memungkinkan anda dapat mengerem biaya tambahan, dibandingkan jika dilakukan secara tradisional. 

Namun, walau banyak pelaku usaha yang mulai menyadari potensi besar dari digital marketing, tetap saja masih banyak pula yang belum mengerti sebenarnya digital marketing itu apa? 

Oleh karena itu, mari bersama-sama kita simak ulasan mengenai digital marketing, agar tau cara memanfaatkannya dan bisa menerapkannya ke dalam bisnis.

Digital Marketing Itu Apa

Digital marketing itu apa? Pertanyaan tersebut mungkin sering terlintas dibenak Anda. Namun, secara garis besar, digital marketing berarti bentuk pemasaran yang menggunakan teknologi digital baik itu internet, website, media sosial, email, dan lainnya. 

Tujuannya, agar dapat menjangkau target pasar dan meningkatkan brand awareness. Sehingga, terjadi peningkatan pendapatan, baik secara instan maupun secara perlahan.

Digital marketing itu sendiri memiliki berbagai bentuk, seperti search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, email marketing, affiliate marketing, dan lain-lain.

Semua komponen tadi memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk mempromosikan produk atau jasa dengan berbagai teknik marketing.

Berkat Bantuan digital marketing, akan mempermudah bisnis untuk mengamati hasil pemasaran secara akurat. Kedepannya, pemilik bisnis dengan segera dapat membuat keputusan yang lebih baik dan menyusun strategi jitu sesuai dengan kondisi pasar saat itu.

Komponen-Komponen Digital Marketing

Berdasarkan penjelasan di atas, digital marketing terdiri dari beberapa komponen, yaitu:

1. Search Engine Optimization (SEO)

SEO bisa dibilang hal yang terpenting dalam dunia digital marketing. Sebab, dengan mempelajari SEO, maka profil bisnis Anda mendapatkan peringkat atas di mesin pencari seperti Google, Yandex dan Bing.

Untuk menerapkan teknik SEO, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti: riset keyword, penerapan kata kunci, konten berkualitas, optimalisasi teknis website, dan tak lupa pula memperoleh backlink dari website lain yang mengarah ke website Anda.

Namun, untuk memperoleh peringkat atas lewat SEO bukanlah perkara mudah. Butuh waktu yang panjang dan usaha secara terus-menerus agar halaman web bisa muncul di peringkat atas atau page one.

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Dalam jangka panjang, hasil yang diraih bisa sangat berharga bagi bisnis, sebab traffic tentu akan meningkat dan ujung-ujungnya kredibilitas website Anda dimata konsumen terlihat baik.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Sama seperti SEO, SEM juga merupakan bagian penting dari digital marketing yang berfokus pada pemasaran. SEM memanfaatkan iklan berbayar yang ditampilkan pada beranda google, atau pada platform media sosial.

Dengan mempraktikkan SEM, Anda dapat melakukan promosi produk kepada target konsumen yang tepat. Orang-orang yang mencari sesuatu dengan mengetikkan keyword, maka dengan kata kunci yang relevan website Anda akan muncul dihadapan konsumen.

Dengan beriklan, maka target pasar yang dituju lebih efektif. Sebab, Anda dapat melakukan kustomisasi berdasarkan target audience, lokasi, waktu, dan budget yang diinginkan.

SEM efektif diterapkan dalam meningkatkan visibilitas produk dan memperoleh trafik secara instant. Namun, memang tidak mudah karena juga membutuhkan ketepatan strategi.

Oleh karena itu, banyak bisnis yang mempercayakan SEM kepada profesional atau menyewa agensi yang berpengalaman.

3. Content Marketing

Digital marketing identik dengan content. Oleh karena itu, content marketing juga anda perhitungkan untuk melakukan teknik promosi.

Content marketing adalah salah satu strategi marketing yang memfokuskan pada pembuatan dan penyebaran konten berkualitas untuk menarik minat audiens untuk membeli produk yang dijual.

Berbagai macam konten bisa dibuat. Baik itu konten berupa postingan blog, video youtube, infografik, dan masih banyak lagi. Konten ini harus berisikan nilai bagi audiens agar mereka merasa kebutuhan mereka terpenuhi.

Content marketing yang dibuat secara kreatif, dapat menciptakan pengalaman positif bagi konsumen, sehingga mereka merasa tertarik untuk terus melakukan suatu hal pada brand tersebut.

4. Email Marketing

Selain itu, Email marketing bisa Anda pakai untuk mempromosikan produk memanfaatkan email sebagai alat untuk berinteraksi dengan calon pembeli.

Bisnis yang menggunakan media Email sebagai alat promosi, dapat mengirimkan email secara berkala ke daftar subscriber. Harapannya, mereka yang berlangganan akan melakukan pembelian pada produk yang ditawarkan melalui email.

Email marketing memang sangat efektif dilakukan. Namun, untuk memastikan suksesnya penerapan email marketing, pastikan bahwa email yang dikirim sesuai dan berkualitas bagi audiens.

Ini bisa dilakukan dengan memsegmentasi daftar email dan mengirimkan konten yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens.

Email marketing juga memerlukan strategi opt-in dan opt-out yang jelas, untuk memastikan bahwa audiens benar-benar ingin menerima email dari brand tersebut dan dapat berhenti menerima email kapan saja.

5. Affiliate Marketing

Dalam affiliate marketing, sebuah merek akan bekerja sama dengan blogger, influencer, youtuber atau situs web untuk mempromosikan produk mereka melalui program affiliasi. Hal ini banyak diterapkan oleh marketplace macam Shopee maupun Tokopedia.

Afiliator akan memasang link atau kode referral dari produk yang mereka promosikan ke website ataupun platform media sosial mereka. Jika pengunjung mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka Anda akan menerima reward berupa komisi, promo, ataupun diskon.

Affiliate marketing memerlukan pemantauan sebagai bahan evaluasi, agar program affiliate marketing dinilai efektif dalam meningkatkan volume penjualan.

Cara Memulai Digital Marketing

Untuk memulai digital marketing, ada beberapa tahapan yang mesti dilalui oleh pelaku bisnis, antara lain:

1. Menentukan tujuan dan strategi digital marketing

Sebelum memulai digital marketing, sebaiknya tentukan tujuan dan strategi yang akan digunakan. Salah satunya mengelompokkan target audiens, cari tahu apa yang mereka butuhkan, dan berfikir bagaimana proses digital marketing ini bisa mencapai tujuan bisnis.

2. Memahami target audiens

Anda yang ingin mencapai hasil yang maksimal lewat digital marketing, sebaiknya terlebih dahulu melakukan beberapa hal penting.

Baik itu riset pasar, menentukan profil demografi dan psikografi target audiens, dan pahami cara mereka dalam mencari informasi. Dan pada akhirnya, mereka memutuskan untuk membeli produk Anda.

3. Memilih platform dan alat yang tepat

Seperti yang Anda tahu, kalau digital marketing mencakup berbagai platform dan alat yang berbeda. Contohnya search engine, media sosial, email, dan banyak lagi.

Untuk memulai digital marketing, diperlukan memilih platform media sosial yang tepat dan sesuai produk yang dijual. Serta menggunakan alat yang bagus untuk menganalisa trafik kunjungan dan juga pembelian, agar mencapai target bisnis.

4. Mengembangkan konten yang berkualitas

Selain memilih platform, jangan lupa buat konten yang berkualitas. Sebab, memposting konten sekreatif mungkin akan menarik minat banyak audiens.

Anda dapat membuatnya melalui blog post, instagram, tiktok, youtube dan platform lainnya. Dengan teknik copywriting yang baik, para pembaca seperti terhipnotis, dan akan menarik minat beli dari orang-orang yang melihat konten.

5. Melakukan Analisis dan Evaluasi

Agar digital marketing berjalan sesuai rencana, lakukan analisis dan konsisten melakukan evaluasi. Banyak cara yang dilakukan, termasuk memonitor tingkat konversi, mengukur tingkat engagement, dan membuat survei kepuasan pelanggan.

Dengan menjalankan cara di atas, bisnis Anda diperkirakan akan bertahan lama.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Digital marketing memiliki banyak keuntungan jika Anda bandingkan melalui metode pemasaran tradisional. Keuntungan-keuntungan yang diperoleh meliputi:

  • Pemasaran lewat digital memungkinkan penggunaan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan pemasaran tradisional seperti pemasangan iklan di televisi, radio, ataupun surat kabar.
  • Digital marketing diperikirakan dapat mencapai target audiens yang tepat dan lebih efektif memfokuskan upaya pemasaran pada mereka.
  • Digital marketing bisa menganalisis data dari setiap tindakan yang diambil oleh audiens seperti klik, impresi, dan konversi lewat tools yang banyak tersedia.
  • Dengan digital marketing Anda dapat berinteraksi dengan audiens melalui komunikasi dua arah. Ini akan terciptanya loyalitas dan membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
  • Digital marketing memungkinkan perubahan strategi pemasaran sesuai dengan perkembangan pasar dan preferensi audiens. Sehingga, hal Ini membuat pemasaran lebih responsif dan efektif.

Berdasarkan uraian di atas, digital marketing adalah salah satu cara pemasaran yang jauh lebih efektif dan dapat mencapai banyak audiens, lewat komponen-komponen utama, seperti SEO, SEM, content marketing, email marketing, dan affiliate marketing.

Setiap komponen tersebut, terdapat tujuannya masing-masing yang digunakan sesuai kebutuhan bisnis.

Keuntungan yang diperoleh lewat digital marketing seperti memperluas jangkauan pasar, meningkatkan brand awareness, memudahkan melakukan analisis dan evaluasi, serta dapat menghemat biaya.

Dengan demikian, jika Anda ingin memasarkan produk atau jasa Anda secara efektif, cobalah untuk menggunakan digital marketing.

Pelajari lebih dalam mengenai setiap komponen digital marketing, lalu amati cara memulai digital marketing agar bisnis Anda dapat berkembang.

Posting Komentar untuk "Digital Marketing Itu Apa: Ketahui tentang Pemasaran Digital"