Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10

Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA Kelas 10
Struktur Kurikulum SMA-MA kelas 10 pada kurikulum merdeka di dasari tiga hal, yaitu berbasis kompetensi, pembelajaran yang fleksibel, dan karakter Pancasila. 

Dalam pelaksanaanya, sekolah akan mengatur mata pelajaran sesuai dengan jenjangnya.

Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA Kelas 10


Beberapa prinsip pengembangan Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA

Struktur Minimum

Struktur Kurikulum minimum ditetapkan oleh pemerintah pusat, namun sekolah dapat mengembangkan program dan kegiatan tambahan sesuai dengan visi, misi, dan sumber daya yang tersedia. Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA dapat dikembangkan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan sumber daya yang dimiliki sekolah.

Otonomi

Dalam pengembangan Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA sekolah diberi kebebasan untuk mengembagkan materi yang relevan. Kurikulum memberi kemerdekaan pada sekolah dan guru untuk merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan dan kontekstual.

Sederhana

Perubahan dari Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA sebelumnya dibuat seminimal mungkin, namun tetap signifikan. Tujuan arah perubahan, dan rancangan dibuat jelas sehingga mudah di pahami oleh sekolah dan pemangku kepentingan.

Gotong Royong

Pengembangan Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA dan perangkat ajar adalah hasil kolaborasi puluhan institusi, diantaranya adalah Kementerian Agama, Universitas, sekolah, dan Lembaga Pendidikan lainya.

Struktur Per Jenjang

Selain Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA, struktur kurikulum merdeka juga dibuat per jenjang, yaitu PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK. Materi pada struktur kurikulum tersebut sekolah dan guru dapat merancang proses dan materi pembelajaran yang relevan.

Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA


Struktur Kurikulum SMA-MA

Struktur kurikulum dibagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran utama, yaitu:
a. Pembelajaran reguler atau rutin yang merupakan kegiatan intrakurikuler; dan
b. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Jam Pelajaran (JP)

Jam Pelajaran (JP) diatur per tahun. Satuan pendidikan dapat mengatur alokasi waktu pembelajaran secara fleksibel untuk mencapai JP yang ditetapkan.

Pendekatan Pembelajaran

Satuan pendidikan dapat menggunakan pendekatan pengorganisasian pembelajaran berbasis mata pelajaran, tematik, atau terintegrasi.

Perubahan Terkait Mata Pelajaran

a. Mata pelajaran IPA dan IPS di Kelas 10 SMA belum dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik.

b. Satuan pendidikan atau murid dapat memilih setidaknya 1 dari 5 mata pelajaran Seni dan Prakarya: Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, atau Prakarya.

c. Di kelas 10, murid mempelajari mata pelajaran umum (belum ada mata pelajaran pilihan). Murid memilih mata pelajaran sesuai minat di kelas 11 dan 12, sesuai kelompok mata pelajaran yang tersedia.

Alokasi waktu mata pelajaran SMA-MA Kelas 10

Asumsi 1 tahun = 36 minggu dan 1 JP = 45 menit



Keterangan:

* Diikuti murid sesuai agama masing-masing.

** Pembelajaran reguler tidak penuh, yaitu 36 minggu, untuk memenuhi alokasi projek. Alokasi intrakurikuler Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, serta Seni dan Prakarya hanya 27 minggu.

*** Satuan pendidikan menyediakan minimum 1 jenis seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau Prakarya dan Kewirausahaan). Murid memilih salah satu.

**** Paling banyak 2 JP per minggu atau 72 JP per tahun.

***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Penjelasan mata pelajaran IPA dan IPS SMA/MA kelas 10

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 10 SMA/MA/ sederajat tidak dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Namun demikian, satuan pendidikan dapat menentukan bagaimana muatan pelajaran diorganisasi.

Pengorganisasian pembelajaran IPA dan IPS bisa dilakukan melalui beberapa pendekatan sebagai berikut:

a. mengajarkan muatan IPA atau IPS secara terintegrasi;

b. mengajarkan muatan IPA atau IPS secara bergantian dalam blok waktu yang terpisah; atau

c. mengajarkan muatan IPA atau IPS secara paralel, dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan-muatan pelajaran IPA atau IPS tersebut.

Demikian Struktur Kurikulum Merdeka SMA-MA yang di kutip dari sumber resminya di pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id

Posting Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka SMA Kelas 10"